Saturday, May 13, 2006

Pantai Depok Vacancy

Hari gini pas anget-angetnya berita merapi yang udah kepenuhan lava, hari terasa panaaas banget. Kebetulan ada temen yang ngajakin jalan-jalan, emang sih kalo dah wisuda orang biasa syukuran gitu ngajak temen-temen jalan kemana gitu, terus makan-makan.

Kemarin jumat, sekitar jam 2 siang anak-anak basmistoss udah pada kumpul di warung burjo mrican deket STM tempat biasa kita kumpul, selain di angkringan deket situ juga.
Setelah saling tunggu menunggu, telpon menelpon, jemput menjemput (awas salah baca!), akhirnya kita berangkat jam 3 bareng-bareng, walopun ada yang
"iya ntar aku susul aja, tau kok tempatnya!".
Rombongan sempet kepencar-pencar, mungkin karena ramenya traffic jogja jam-jam segitu, ato emang pengen sendiri dengan boncengan masing-masing. Saya sendiri? mboncengin cewe juga sii.. tapi sayang bukan siapa-siapa, soale dia cewe tjebonk temenku, dia-nya sendiri nyusul bareng siY karena ada yang harus diselesaikan, ga tau apa.

Cerita berlanjut sampe di daerah Wirosaban, lagi sante gitu jalan, eh tiba-tiba terlihat rame-rame di jalan dan juga banyak polisi, pertama kirain ada kecelakaan ato apa, eh ternyata tak dinanya, sebuah operasi lalu-lintas sedang digelar.. walo tak telihat selembar tikar pun disitu.
Udah ngga bisa balik arah lagi! barusan nglewati seorang polisi yang udah pengen ngejar orang dengan motor besarnya. Takut dong, lhawong SIM mati sejak 2003 hehehe... ngga tau udah berapa ribu rupiah buat ikut ke pengadilan.
Sampe di tengah kerumunan orang-orang yang asyik ngantre menuju polisi yang dengan senyum indahnya nge-cek satu-satu surat-surat mereka, sampe di salah satu polisi yang emang semua polisi tu hampir sama (bajunya..), STNK dikeluarkan terus SIM nyusul sambil ngomong
"dah mati itu pak..",
ya udah kayak seorang koboi yang berhasil menjinakkan kuda liar, dituntunnya kami ke tempat pencatatan surat tilang, Kiki cewe tjebonk udah kebingungan
"gimana ni dean, aku telpon tjebonk ya?"
"ngga usah, jangan..emang sekarang dia dimana?"
aku ngga mau ngrepotin tjebonk cuman buat masalah kayak gini, udah niat sih mau bayar di tempat, walopun sayang banget duit 20rb rupiah keluar dari dompet, lagian anak-anak yang lain juga pada nunggu di depan, biasa.. ngga enak bikin orang nunggu.
"ntar tjebonk biar siap-siap, tau kalo disini ada operasi.. gimana aku telpon ngga?"
Eh, kirain si Kiki mau nelpon tjebonk buat apaan
"oh ya udah, telpon aja.."

Di tempat polisi-polisi yang lagi nyatet surat-surat orang yang lagi ketangkep, SIM ku aku cari.
"Dian..!"
"Mbak Dian!"
sialan jelas-jelas disitu ada foto cowo keren, "ya!" teriakin aja deket kuping pak polisi yang lagi cekikikan ngga jelas.
"Mau bayar disini apa di pengadilan?"
"Sini aja lah! Berapa pak?"
"20rb.."
sret.. dielus-elus dulu untuk terakhir kali, sebelum duit itu bergabung sama duit-duit yang ngga tau nantinya lari kemana.
Abis melepaskan hartaku yang sangat besar itu, kita bedua nglanjutin perjalanan nemuin temen-temen, yang dah pada nunggu dengan senyum-senyum mereka, ngga tau kasihan apa ngejek.. sialan!

Singkat cerita daripada ntar terlalu panjang ceritanya, kami dah sampe daerah mana ya lupa.. pokoknya sebelum daerah Kretek, yang suasananya enak banget, kanan kiri pandangan kita ngga cuman radius beberapa meter tok.. tapi sawaaaaahhh, ijoooo, enak pokoknya, terus lagi enak-enaknya ngobrol-ngobrol sama temen seperjuangan eh seperjalanan, terulang kembali secara tiba-tiba..
Mulai terlihat polisi di tengah jalan sendirian gitu, dan gak jauh dari situ dibelakang polisi tadi beberapa gelintir pengendara motor lagi berhadap-hadapan sama polisi.
Duh! masa kena lagi? ya udah, SIM ku di cek sama bapak polisi yang terhormat..
"Mas, ini tahun 2003 ya?"
sambil nunjukin bagian berlakunya SIM, "Iya, pak.."
dan kami dituntun lagi sama bapak polisi yang terhormat itu ke tempat... tau lah, diatas kan udah diceritain. Tapi kali ini sambil ditemenin temen-temen dan sambil nyiapin kata-kata buat nglawan mereka hehehe...
"Pak, saya tadi udah kena juga pak!"
"Dimana mas?", sante banget pak polisi-nya nanya gitu
"Tadi di wirosaban, setelah rumah sakit wirosaban"
biar ngga terlalu panjang lagi ceritanya, kita disuruh ngadep pak polisi yang di pinggangnya ada HT nya.
"O iya mas, di wirosaban memang ada operasi juga..kali ini kami ampuni tapi ya mbok mbuat lagi, nanti mase sampe parangtritis-nya malem looh.."
Lhaa, sok lucu!
"Ooh iya pak, makasih yaa.."
Operasi kali ini dapat dilewati dengan mudahnya, dan kami melanjutkan perjalanan..lagi.

Mendekati pintu masuk tempat pembayaran pantai parangtritis, kami belok kanan menuju pantai depok tujuan kita, setelah ngelewati kampung-kampung yang adem dan seger suasananya, temen-temen berhenti mendadak karena diberhentiin orang, yang akhirnya tau kalo mereka tukang jaga pintu masuk ke pantai depok, kirain dah ngga bayar lagi, tapi itu urusan yang punya acara dong..

Bau pantai terasa dan pasir udah dikanan kiri kita, lauutt membentang luas dihadapan, mulai deh anak-anak jeprat-jepret sana-sini, jam 6 sore-an kita mulai makan di deket tempat pelelangan ikan, padahal kalo aku bilang itu bukan lelang sih tapi penjualan ikan.
Selesai makan, jam 8-an kita menuju jogja dan selama diperjalanan jalannya terasa lamaaaa banget.

Asyik sih, dah lama ngga ke pantai seger perasaan jadinya, kapan ya ke pantai lagi..

No comments: